MEMANCING IKAN DI BENGAWAN SOLO

MEMANCING IKAN DI BENGAWAN SOLO

Memancing Di Bengawan Solo Bengawan Solo Sungai besar Yang mengalir di Pinggiran Kota solo ini ternyata banyak juga ikan besar besar yang bisa di pancing. Dahulu saya kira Cuma ikan sapu sapu saja yang bisa hidup di sungai besar di pinggir kota Solo ini, karena saat Bengawan ini melewati kota solo banyak limbah yang tertumpah hingga air terlihat kotor yang Saya kira ikan-ikan pada mati semua kecuali ikan sapu-sapu.

Hal itu saya tahu saat melintas di jembatan Semanggi Solo yang melintang Bengawan Solo saya lihat ada beberapa pemancing ikan sedang memancing di bawah jembatan semanggi. Karena penasaran akirnya saya hampiri para pemancing tadi dan melihat hasil dari ikan yang di pancingnya yang ternyata sudah mendapat beberapa ikan yang lumayan banyak dan besar-besar antara ukuran tiga sampai lima nyari/segede epek-epeke cah gede (sebesar telapak tangan).

Ikan yang di dapat saat itu hanya satu jenis saja yang masyarakat sekitar menyebutnya iwak Bader sejenis ikan tawes dengan warna sisik agak kemerah-merahan ga tau apa nama lain dari dari ikan bader ini, yang pasti itu ikan-nya besar-besar dan enak di makan setelah di masak tentunya. Sebenarnya ikan disini beragam sekali,  ada gurame, nila, kutok, gabes males, Putihan dan Segala jenis ikan air tawar ada ah pokoknya, kata pemancing itu.

Umpan yang di pakai para pemancing saat itu dengan mengunakan gangang atau yang umum di sebut lumut yang banyak tumbuh di kolam atau genangan air di sawah-sawah. Asik baget kelihatannya para pemancing memacing di Bengawan/Sungai Besar yang mengalir di pingiran kota Solo ini walau harus menahan dingin dengan cara mancing nylobrok dengan berendam untuk mencapai bagian sungai agak ke tengah yang memungkinkan banyak ikan berada.

memancing ikan di bengawan solo
Jadi kepingin juga memancing di Bengawan/Sungai Besar yang mengalir di Pinggir kota Solo ini setelah melihat lumayan juga hasil para pemancing yang saya lihat saat itu. Ternyata banyak juga ikan besar yang bisa dipancing di Sungai itu yang dahulu saya kira hanya ikan Sapu-sapu yang bisa hidup di situ. Ternyata masih Banyak ragam nan besar-besar masih bertahan di bengawan itu






Terimakasih Telah Membaca: "MEMANCING IKAN DI BENGAWAN SOLO" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 5:41 AM and have 23 komentar

23 komentar:

  1. Memancing, ini sih kerjaannya mertua saya... :D

    ReplyDelete
  2. saya ndak pengen mancing, nek gak oleh-oleh tak buwak pancingane tak cukleki kang. hehehe
    iwak bader e akeh kang ? iwak patin yo akeh sing ra ono gur iwak pitek tok yoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. akeh jebule sak epek epeke wong tuwek gedene. iwak petek yo kadang enek kampul kampul ngonoh

      Delete
  3. wah salah satu hobi saya tuh. ^_^

    ReplyDelete
  4. di daerah ane mah sekarang tambak pada jadi sawah semua .. jadi lama deh kagak pernah mancing semenjak menikah :)

    ReplyDelete
  5. kalo mancing umpannya pake apa tuh gan? garek ato makanan khusus ikan itu ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. macam macam sob tergantung target. Bisa lumut, buah low, cacing dan banyak lagi deh tergantung target ikan yang di pancing pokoknya

      Delete
  6. melihat orang yang mancing terus dilihat ada ikannya juga, wah itu memang sangat merayu sekali. bisa buat orang pengen mancing :D

    ReplyDelete
  7. memancing itu konon melatih kesabaran ...

    ReplyDelete
  8. wah pasti seru banget ya mas bisa mancing di sungai besar bengawan solo. Lumayan kalau bisa dapat ikan paus atau buaya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti puas dapat ikan pausi. Atau malah pingin dapat buaya darat

      Delete
  9. kalau saya kok malah suka mancing di darat mas. Yakni mancing keributan hehehe pasti lebih mantappp hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuee Sangar juga Mbak Eka, catik-cantik provokator ternyata Hahahahaaaa

      Delete
  10. mancing adalah salahsatu kegiatan saya ,apabila ada waktu luang,namun sekarang sudah tidak saya lakukan lagi setelah dipindah tugaskan ke daerah yang jauh sekali dari sungai,,,hehehe kasihan saya yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali yah Pak Dede Padahal Mancing kan saalah satu hoby yang sangat mengasikan.

      Delete
  11. wah mantep gan :D
    favorit ane nih kalau soal mancing :D

    hunting terfavorit dsna bagian mana ya gan ?

    ReplyDelete