DURIAN MATESIH

DURIAN MATESIH

BUAH DURIAN MATESIH-- Kemarin Pas ada keperluan di kota Surakarta/Solo dan saat itu Saya Duduk bersama Orang yang satu keperluan sehingga kami berbincang-bincang tentang kepeluan kami dan berkenalan, Saat Saya ditanya asal dari mana dan tak jawab dari Matesih yang pertama terucap dari lawan bicara Saya adalah Durian.
pedagang durian di barat SMPN1 Matesih
Penjual Durian di barat SMPN1 Matesih Sekarang biasa saja, sebagaimana lapak-lapak Pinggir jalan daerah lainnya Tidak sebagaimana Dahulu yang yang di sini begitu banyak terhampar Buah Durian dari berbagai Darah.
Entah kenapa Matesih begitu Identik dengan Durian, Padahal Semua kecamatan di Kabupaten Karanganyar, ring dua dari gunung  Lawu semuanya banyak juga sebagai penghasil buah-buahan dan Durian-lah salah satunya. Daerah Karanganyar Paling Tinggi terdekat dengan Gunung Lawu Yaitu Kecamatan Tawangmangu, Jatiyoso, Ngargoyoso dan Kecamatan Jenawi, Terkenal sebagai penghasil Sayur-sayuran. Sedangkan daerah daerah setelahnya di Kecamatan Kerjo, Mojogedang, Karangpandan, Matesih, Jumantono dan Jumapolo dikenal sebagai Daerah penghasil buah-buahan. Buah Durian adalah salah satunya. Banyak Sekali Daerah Penghasil Buah Di Karanganyar Terutama Buah Durian Namun Yang Begitu Identik dengan Durian Adalah Matesih

Begitu Dikenalnya Matesih dengan Durian Mungkin Karena Memang dahulu di Matesihlah Tempat Paling banyak menjual durian. tepatnya di pinggir Jalan, barat SMP Negeri 1 Matesih. di situ dahulu Terkumpul Durian-durian dari Berbagai Kecamatan dan menjadi Pasar durian ditempat itu.

Sekarang perdagangan Durian tidak lagi Terpusat di Barat SMP Negeri Matesih. Buah Durian kini Dengan mudah Bisa di temui Di sepanjang jalan-jalan Semua Daerah penghasil Durian di kecamatan Matesih, Jumantono, Jumapolo, Kerjo dan seterusnya. Setiap Musim buah begini Psti Berdiri Lapak-lapak buah yang menjual berbagai buah yang di hasilkan daerah-daerah itu, seperti AC/Rambutan, Durian Pastinya dan masih banyak Buah lain Serta tidak Ketinggalan DUKU MATESIH

Orang-orang yang kebetulan lewat atau memang sengaja Ke daerah untuk mencari durian kini dengan mudah bisa menemukan buah dengan Bau Khas dan menyengat Dengan kulit yang berduri tajam ini. Durian di jual dengan harga bervariasi tergantung mutu dan kwalitasnya. Durian Yang enak dan kwalitas Bagus biasanya Di kususkan tempatnya dan dijual dengan harga yang lumayan sedang durian kwalitas biasa terhampar begitu saja dan di jual dengan hara terjangkau tentunya. 

Di mana-pun itu Barang yang Berkwalitas selalu sepadan dengan harganya, Biasanya penjual berani memberi jaminan dan menggantinya bila ternyata Buah Durian yang di jual dengan harga mahal itu ternyata tidak begitu enak rasanya. Sedang Durian yang di jual dengan harga biasa penjual biasanya tidak berani menjamin kwalitas dan hanya menjual apa adanya.






Terimakasih Telah Membaca: "DURIAN MATESIH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 11:04 PM and have 39 komentar

39 komentar:

  1. Selamat malam Mas Musjono wah kelihatnya enak tuh Durianya
    Saya belum pernah makan durian matesih nih boleh coba Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dapat pertamax dari Mas Mus. makasih yah Mas

      Delete
    2. Enak ga enak durian ituk kayaknya saya termasuk orang yang ga suka makan durian, kudu beli sebabnya. Hahahahaa
      Makasih juga Om Karista Silahkan manfaatin Pertamaxnya

      Delete
    3. kalau belah duren enak gak kang mus ?

      Delete
    4. Wah enak banged mah kalau belah duren

      Delete
    5. Ga enak lah kalau cuman belah duren doang

      Delete
    6. kalau kena durinya pasti sakit yah kang ?

      Delete
  2. Mau dong durian nya, terkenal berarti kualitas enak yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relatif juga sih ada yang uenak ada yang biasa saja.

      Delete
    2. ada yang super dan ada yang biasa berarti nanamnya gak sama ya ?

      Delete
  3. durian ada yang original dan kw1 serta kw2. hehehe
    saya sama dengan kang mus tidak suka durian, tapi kalau dapat durian runtuh misalnya dapat uang kok gak nolak ya, aneh kan sayah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang begitu aneh, berarti banyak banget orang aneh yah?

      Delete
    2. banyak orang aneh karena kita kita suka yang aneh aneh, halah bingung aku kang

      Delete
  4. tepat sekali, saya udah lama nih tak makan durian wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya kemarin baru makan 10 lebih (hahaha...edisi pamer )D

      Delete
    2. Kalau Sayah Tiap hari nyium bau durian. Mambu Thok Namingno

      Delete
    3. Kalo saya malah tiap ngoder ndak pernah di kirim

      Delete
  5. saya pernah denger soal durian Matesih dari teman saya, katanya kalo di Bogor ya setara dengan durian Parung.
    oh iya, teman saya juga asli Matesih Mas. dia dulu tetangga saya di Bogor, bekerja di pabrik sepatu Bata, sekarang dia kembali ke matesih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. durian matesih memang terkenal bang...tapi kalau durian parung saya kurang tahu...g terkenal kali kwkwkw

      Delete
    2. Siapa Nama Tetngga yang Orang Matesih Kang Zach.
      Durian Matesih terkenalnya paling di Seantero Solo Sajah Kang Zaer

      Delete
    3. namanya agus mungkin yah, kembar sama sayah ?

      Delete
  6. wah langsung ngiler wes kalau ngomongin durian...:D

    ReplyDelete
  7. hehe aku gak suka durian sob....

    ReplyDelete
  8. wah buah durian nya nggak kelihatan mas hehehe :D

    saya juga suka banget nih sams durian. Hanya saja harga buah nya kurang bersahabat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Foto lapak durian ituh ga fokus pada Duriannya

      Delete
  9. Yang saya tau utk durian lokal..yang kondang jenis petruk..

    Ndak taunya emang tiap daerah masing2 punya ke khasan nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya durian lokal matesih beragam banget banyak durian tak enak alias Kletak dengan daging buah tipis lebih besar pongge alias bijinya, namun ada juga Duroan Enak Kualitas Prima yang sangat memuaskan, dagingnya tebal bijinya kecil rasanya manis legit bahkan sedikit pahit tapi justru itu yang di buru dengan harga yang lumayan mahal, namun kini sudah sangat berkurang jenis durian yang tebal dagingnya dengan rasa legit pahit itu, karana pohonnya sudah banyak yang di tebang karena terlalu tinggi sedang lokasi di tengah pemikiman warga biasanya.

      Delete
  10. kalau bicara soal durian,saya jadi penasaran nih mas.sama yang namanya durian Matesih.selama ini saya hanya tahu durian Montong dan Bajul,kalau durian Matesih belum tahu,makanya jadi penasaran nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berknjng ke matesih pak Dede namun hati hati memilhnya karena hanya sedikit saja durian yang benar benar kualitas prima.

      Delete
  11. saya juga penasaran nih sama durian metesih ini. Sepertinya istimewa banget, dan perlu sekali untuk dicicipi hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di cicipi ke matesih tentunya

      Delete
  12. Durian Matesih ke'nya beda tipis dengan Desa Cilembu dengan Ubi nya, sejarah emang ngga bisa bohong kang, seperti halnya sejarah awal banyaknya Durian adalah di Matesih....yang terkenal ya durian matesih deh....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya Mang Ada yang Sama Matesih Sama Cilembu Ya? Namun masih jauh kayaknya, Cilembu kan Sudah Mendunia.

      Delete