Malam Lilin Untuk Membersihkan Bulu Unggas

Malam Lilin Untuk Membersihkan Bulu Unggas

Malam bikin PD (Peteng ndedet) alias gelap gulita, itu sih malam hari dan sudah pasti semua orang mengetahuinya. Malam - lilin untuk bahan membatik Kain Banyak juga yang sudah mengetahuinya, memang itulah lazimnya kegunann Lilin Malam. Nah kalau Lilin Malam untuk membersihkan bulu saat memotong unggas ini baru luar biasa dan mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. 

unggas/ayam, bebek, entok dan sejenisnya di masukan mesin pencabut bulu ayam
Setelah ayam/unggas di sembelih di masukkan air panas lalu di putar di mesin pencabut bulu ayam/unggas
gambar diambil di tempat pemotongan unggas sholiqin pasar Silir Semanggi

Malam untuk Membatik sebagai penutup kain sehingga saat kain di celup ke bahan pewarna bagian yang di batik dengan malam tidak terkena warna dan setelah selesei pewarnaan baru malam di larutkan dengan memanaskannya sehingga terbentuk pola yang di batik sebelumnya. Itu fungsi malam untuk membatik yang sudah biasa dan banyak orang mengetahuinya.

Malam untuk membersihkan Bulu unggas Bagaimana caranya coba. Saat memotong unggas baik itu Ayam, Bebek Mentok dan lain sejenisnya pada Proses membersihkan bulu terkadang masih tertinggal Bulu-bulu halus yang sulit tercabut dengan mesin pencabut bulu sedang jika di cabut dengan tangan untuk membersihkan bulu halus itu pastilah memakan waktu yang lama. Yang paling sering dari jenis ungas yang banyak terdapat bulu halus yang sulit tercabut adapada itik/Bebek dan Entok sedang pada ayam biasanya bulu sudah bersih cukup dengan di putar di mesin pencabut bulu saja.

Dengan menggunakan malam(jenis lilin Bahan batik) proses mencabut bulu-bulu halus pada unggas bisa di kerjakan dengan cepat dan mudah. Setelah unggas di potong di celup air panas lalu di cabut bulunya dengan mesin pencabut bulu dan untuk membersihkan bulu halus yang masih tertinggal masukan unggas pada lilin malam yang di panaskan hingga mencair lalu di celupkan ke air biar segera lekas dingin.

unggas dimasukan lilin malam setelah dingin lilin mengeras tinggal mengupas
untuk membersihkan bulu halus pada unggas di celupkan ke lilin malam panas setelah dinggin tinggal mengupas


Setelah dingin dan lilin malam mengeras tinggal di kupas saja lilin malamnya dari tubuh unggas yang dicelupkan tadi dan bulu bulu halus yang masih tertinggal tadipun bersih tercabut menempel pada lilin malam tadi. Cukup mudah dan cepat daripada mencabut dengan tangan yang pasti memakan waktu cukup lama tentunya.

Kupasan lilin malam ini bisa langsung di panaskan lagi hingga mencair dan digunakan lagi untuk membersihkan bulu unggas berulang-ulang, jika sudah selesai tingal di saring bulu bulunya dan bisa digunakan lagi besoknya.

Begitulah fungsi lain dari lilin malam selain fungsi yang umum dan lazim orang ketahui untuk bahan membatik ternyata bisa juga untuk membantu mempermudah pembersihan bulu saat memotong Unggas.

Bolelah kita saksikan video cara membersihkan bulu halus pada unggas yang saya ambil di potong ayam dua pasar ayam Silir Semanggi Solo. Versi lengkap silahkan lihat di  https://youtu.be/r8hIae4tBxY








Terimakasih Telah Membaca: "Malam Lilin Untuk Membersihkan Bulu Unggas" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 00.39 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar