Malam Lilin Untuk Membersihkan Bulu Unggas

Malam Lilin Untuk Membersihkan Bulu Unggas

Malam bikin PD (Peteng ndedet) alias gelap gulita, itu sih malam hari dan sudah pasti semua orang mengetahuinya. Malam - lilin untuk bahan membatik Kain Banyak juga yang sudah mengetahuinya, memang itulah lazimnya kegunann Lilin Malam. Nah kalau Lilin Malam untuk membersihkan bulu saat memotong unggas ini baru luar biasa dan mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. 

unggas/ayam, bebek, entok dan sejenisnya di masukan mesin pencabut bulu ayam
Setelah ayam/unggas di sembelih di masukkan air panas lalu di putar di mesin pencabut bulu ayam/unggas
gambar diambil di tempat pemotongan unggas sholiqin pasar Silir Semanggi

Malam untuk Membatik sebagai penutup kain sehingga saat kain di celup ke bahan pewarna bagian yang di batik dengan malam tidak terkena warna dan setelah selesei pewarnaan baru malam di larutkan dengan memanaskannya sehingga terbentuk pola yang di batik sebelumnya. Itu fungsi malam untuk membatik yang sudah biasa dan banyak orang mengetahuinya.

Malam untuk membersihkan Bulu unggas Bagaimana caranya coba. Saat memotong unggas baik itu Ayam, Bebek Mentok dan lain sejenisnya pada Proses membersihkan bulu terkadang masih tertinggal Bulu-bulu halus yang sulit tercabut dengan mesin pencabut bulu sedang jika di cabut dengan tangan untuk membersihkan bulu halus itu pastilah memakan waktu yang lama. Yang paling sering dari jenis ungas yang banyak terdapat bulu halus yang sulit tercabut adapada itik/Bebek dan Entok sedang pada ayam biasanya bulu sudah bersih cukup dengan di putar di mesin pencabut bulu saja.

Dengan menggunakan malam(jenis lilin Bahan batik) proses mencabut bulu-bulu halus pada unggas bisa di kerjakan dengan cepat dan mudah. Setelah unggas di potong di celup air panas lalu di cabut bulunya dengan mesin pencabut bulu dan untuk membersihkan bulu halus yang masih tertinggal masukan unggas pada lilin malam yang di panaskan hingga mencair lalu di celupkan ke air biar segera lekas dingin.

unggas dimasukan lilin malam setelah dingin lilin mengeras tinggal mengupas
untuk membersihkan bulu halus pada unggas di celupkan ke lilin malam panas setelah dinggin tinggal mengupas


Setelah dingin dan lilin malam mengeras tinggal di kupas saja lilin malamnya dari tubuh unggas yang dicelupkan tadi dan bulu bulu halus yang masih tertinggal tadipun bersih tercabut menempel pada lilin malam tadi. Cukup mudah dan cepat daripada mencabut dengan tangan yang pasti memakan waktu cukup lama tentunya.

Kupasan lilin malam ini bisa langsung di panaskan lagi hingga mencair dan digunakan lagi untuk membersihkan bulu unggas berulang-ulang, jika sudah selesai tingal di saring bulu bulunya dan bisa digunakan lagi besoknya.

Begitulah fungsi lain dari lilin malam selain fungsi yang umum dan lazim orang ketahui untuk bahan membatik ternyata bisa juga untuk membantu mempermudah pembersihan bulu saat memotong Unggas.

Bolelah kita saksikan video cara membersihkan bulu halus pada unggas yang saya ambil di potong ayam dua pasar ayam Silir Semanggi Solo. Versi lengkap silahkan lihat di  https://youtu.be/r8hIae4tBxY








Terimakasih Telah Membaca: "Malam Lilin Untuk Membersihkan Bulu Unggas" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:39 AM and have 30 komentar

30 komentar:

  1. ternyata ada alat yang lebih cepat untuk membersihkan bulu bulu halus unggas ya, mantap banget :)

    ReplyDelete
  2. efeknya rasa unggasnya apa gak pait kang ?
    gimana kalau ayamnya di serahkan ke tukang bubut kang ?
    tukanb bubut mesin maksudnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga kan cuma di luar ga sampe meresap ke daging.
      mantap tuh bawa ke tukang bubut ganti piston tiger biar keceng larinya walau cema bebek tuwa

      Delete
    2. hahaha.......GL100 e kang mus mah di asepin sama bebek tuwaaaaaaa..

      Delete
    3. kenapa gk sekalian aja di blender biar tambah konslet :D

      Delete
    4. sekarang ga pegang si cepek yang pancal mubal jawil kintil lagi om As.
      Bagus juga ide om Sud mesin pespa ganti motor blender lebih irit BBM kaliya.(KTD konslet tingkat dewa)

      Delete
  3. Tapi apa tidak ada efeknya untuk dagingnya Kang Mus ? Wedi aku ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah mas aman aman saja itukan hanya nempel di luarnya saja. Memang begitulah prosesnya. Semua tempat potong unggas juga memakainya.

      Delete
  4. h-hee, informatif. saya baru tahu ini.

    malam itu clay itu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nga tahu mas clay itu apa tahu saya malam saja.

      Delete
  5. caranya unik juga ya mas...make gunain lilin segala
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah dengan mengunakan lilin malam prosesnya jadi jauh lebih mudah dan cepat membersihkan bulu ayam/unggasnya

      Delete
    2. Tapi apa aman ndak papa tuh mas :)

      Delete
  6. kalau unggas nggak dirwat dengan baik dan bulu nya nggak dibersihkan, bisa gawat ya mas, nanti ada flu burung nya hmmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau unggas sudah dirawat dengan malam ini dah pasti kagak bakal kena flu dah..

      Delete
  7. Kang mus mau tnya utk beli lilinya ditoko kimia apa sama dengan yg dibuat utk bahan lilin itu ya. Mksh bamget kang mus infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu saya toko apa karena di pasar silir sudah ada yang menyediakannya

      Delete
  8. Mas,klo beli lilin nya dimana? Dan harga berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pasar ayam silir solo ada harga sekitar duapuluh ribuan per kilo

      Delete
    2. Jual lilin pencabut bulu halus bebek (ducks wax)
      1. Daya rekat kuat
      2. Food grade
      3. Tidak merusak kualitas daging
      4. Bisa dipakai berulang kali

      Rp. 28000/kg
      Ferdi (bogor): 081282168765

      Delete
    3. bogornya dimna?sya btuh bgt nih....sya d parung...

      Delete
    4. Agung s. Supplier-bebek perontok bulu bebek sudah dipercaya pemotongan bebek seluruh indonesia. Buka www.perontokbulubebek.blogspot.com hp 087738317225

      Delete
  9. kami CV.ALPHA DJAYA menjual wax khusus untuk perontok bulu bebek dengan bahan food grade, aman dipakai untuk perontok bulu ternak. jika berminat hubungi 081285036153 (dhafiq)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi saya di purwakarta (jawa barat), harga saya jual 28rb belum termasuk ongkos kirim

      Delete
  10. Jual lilin pencabut bulu halus bebek (ducks wax)
    1. Daya rekat kuat
    2. Food grade
    3. Tidak merusak kualitas daging
    4. Bisa dipakai berulang kali

    Rp. 28000/kg
    Ferdi (bogor): 081282168765

    ReplyDelete
  11. agan mau tanya klo malam lilin belix di mana? trims

    ReplyDelete