Ikan Mabuk Saat Banjir Bengawan Solo

Ikan Mabuk Saat Banjir Bengawan Solo

Menangkap Ikan Mabuk Awal Datang Banjir Bengawan Solo, Banjir saat datangnya air besar yang tidak sebagaimana aliran air sungai saat normal debidnya. Banjir Bengawan di Solo tidak selalu identik dengan bencana, ketika banjir tidak sampai meluap dan masih dalam kondisi banjir yang sewajarnya. Bahkan ada yang merasa beruntung dengan datangnya air banjir yang saat awal datang dalam keadaan keruh pekat campur lumpur.
menjaring ikan di bengawan solo
Bismillah mugo-mugo entok iwak Lhodhan Sik gedhene sak tampah
Saat air keruh datang membuat ikan ikan pada mabuk nglenjer-nglenjer istilah jawanya. Saat itulah diantara warga sekitar ada yang memanfaatkan dengan menjaring ikan ikan yang mabuk nglenjer-lenjer karena keruhnya awal datangnya air banjir Bengawan di Solo. Lumayan juga dari hasil menagkap ikan satu dua yang trejaring lama-lama terkumpul banyak juga.

"Angsal katah pak Ulame?" Tanya saya saat melihat orang yang menjaring ikan di pinggir Sungai besar/Bengawan di Solo itu.

"Lumayan Mas entok Sdji, loro bareng mlumpok yo dadi sak tompo". Jawabnya.

Nah lumayan juga ternyata saat awal air banjir datang di manfaatkan menjaring ikan. Ada keuntungan juga dengan datangnya air banjir yang menjadikan mabuk ikan ikan-ikannya.

Saat aliran Bengawan meninggi walau di Solo ga sampai meluap namun ada kekhawatiran saya pada sudara-saudara yang di hilir sana, bisa saja luapan terjadi di hilir sana lusa harinya. Semoga tidak sampai mengakibatkan bencana di hilir sana.
menjaring ikan saat banjir
lumayan dari ikan yang terjaring satu, dua terkumpul satu bakul banyaknya






Terimakasih Telah Membaca: "Ikan Mabuk Saat Banjir Bengawan Solo" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12.02 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar