Ikan Mabuk Saat Banjir Bengawan Solo

Ikan Mabuk Saat Banjir Bengawan Solo

Menangkap Ikan Mabuk Awal Datang Banjir Bengawan Solo, Banjir saat datangnya air besar yang tidak sebagaimana aliran air sungai saat normal debidnya. Banjir Bengawan di Solo tidak selalu identik dengan bencana, ketika banjir tidak sampai meluap dan masih dalam kondisi banjir yang sewajarnya. Bahkan ada yang merasa beruntung dengan datangnya air banjir yang saat awal datang dalam keadaan keruh pekat campur lumpur.
menjaring ikan di bengawan solo
Bismillah mugo-mugo entok iwak Lhodhan
Saat air keruh datang membuat ikan ikan pada mabuk nglenjer-nglenjer di pinggir. Saat itulah ada yang memanfaatkan dengan menjaring ikan ikan yang mabuk karena keruhnya awal datangnya air banjir Bengawan di Solo. Lumayan juga dari hasil menagkap ikan satu dua yang trejaring lama-lama terkumpul banyak juga.
Angsal katah pak Ulame? Tanya saya saat melihat orang yang menjaring ikan di pinggir Sungai besar/Bengawan di Solo itu.

Lumayan Mas entok Sdji, loro bareng mlumpok yo dadi sak tompo. Jawabnya.

Nah lumayan juga ternyata saat awal air banjir datang di manfaatkan menjaring ikan. Ada keuntungan juga dengan datangnya air banjir yang menjadikan mabuk ikan ikan-ikannya.

Saat aliran Bengawan meninggi walau di Solo ga sampai meluap namun ada kekhawatiran saya pada sudara-saudara yang di hilir sana, bisa saja luapan terjadi di hilir sana lusa harinya. Semoga tidak sampai mengakibatkan bencana di hilir sana.
menjaring ikan saat banjir
lumayan dari ikan yang terjaring satu, dua terkumpul satu bakul banyaknya






Terimakasih Telah Membaca: "Ikan Mabuk Saat Banjir Bengawan Solo" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:02 PM and have 21 komentar

21 komentar:

  1. disatu sisi ini juga membuat keuntungan bagi penduduk sekitar ya karena jadi mudah dalam menangkap ikan

    ReplyDelete
  2. ini namanya munggut kalau basa jawa timur sana kang mus. saya paling seneng kalau bengawan solo lagi munggut, nyari ikan dengan menjaring atau menyelami bengawan solo yang tidak banter alirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air segitu namanya udah banjir mas. Naik sedikit sampai pijakan pencari ikan itu di Tuban, Bojonegoro sudah meluap. Mangut istilah di sragen kesaa kayaknya

      Delete
    2. bisanya hanya kirim air doang nih kang mus, tega nian.....kolo kolo ngirim inten ngono lho kang

      Delete
  3. banjirpun ada hikmahnya ya :)

    dapat panen ikan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah banjir yang gak sampe meluap tentunya

      Delete
  4. wah di saat banjir ada yang panen ikan hehe...

    ReplyDelete
  5. wah ada-ada aja ikan nya pada mabuk. pasti terlalu banyak minum air itu mas hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh terlalu banyak minum oplosan air sama lumpur

      Delete
    2. wkkwkwk.. oplosan air sama lumpur :D

      Delete
    3. kalau lagu oplosan pasti beda lagi ya mas hehehe :D

      Delete
    4. tutup botol mu tutup oplosan mu eheheh

      Delete
  6. beh.. enak kali cepet dapet ikannya

    ReplyDelete
  7. banjir pembawa keuntungan ini namanya mas... coba kalau saya deket dengan bengawan solo, bisa dapet ikan nih

    ReplyDelete
  8. Biar banjir air....banjir rezeki juga ya mas

    Bukan lumayan lagi..kalo bisa dpt sebakul hehe :)

    ReplyDelete
  9. kalau mabuk cinta, mungkin lain lagi ya mas cerita nya ehehehehe :D

    ReplyDelete