ALKID Alun-Alun Kidul

ALKID Alun-Alun Kidul

ALKID Apakah itu Alkid? Bagi yang belum tahu pasti bertanya-tanya seta menduga duga dalam hati apa itu alkid sebagaimana saya dahulu yang ternyata Alkid Singkatan dari Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan. Ada Dua Alkid (Alun-alun kidul) yang berada di Solo dan yang berada di Jogja. Karena hingga saat ini yang pernah saya kunjungi baru Alkid Solo dan belum pernah sekalipun mengunjungi Alkid Jogja maka kali ini hanya saya tulis tentang Alun-Alun Kidul Solo dahulu saja.
Alkid Alun-alun Kidul Solo


Pertama kali Saya Mendengar Nama Alkid saya kira ini adalah nama Masjid, Madrasah (sekolahan), Pesantren atau semacamnya. Dan ternyata hanyalah Singkatan dari Alun-alun kidul atau Alun-alun selatan yang merupakan pelataran atau halaman belakang dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pada tahun 90an Alkid identik dengan tempat maksiat, karena pada dekade itu kawasan ini di kenal sebagai tempat prostitusi liar, di malam hari banyak psk yang sering disebut (maaf) lonthe menjajakan tubuhnya di Alkid dengan melayani nafsu pria hidung belang di bedeng-bedeng/'tenda di sana. Bahkan di tahun 90an akhir tempat ini dikenal dengan banyak Cilikan alias Ciblek yang mana adalah anak anak remaja yang telah terjerumus pada bisnis esek-esek  yang banyak mangkal di sana.
Kandang Kebo Bule kebo Albini di Alkid Solo
Kandang Kerbao Albino Keturunan Kebo Kiyayi Slamet

Saat ini Alun-alun Kidul telah bersih dari hal semacam itu dan kembali menjadi fungsi Alun-alun sebagaimana mestinya yang menjadi tempat kegiatan masyarakat sekitar untuk bersosialisasi dan bersantai serta berbagai kegiatan-kegiatan lainnya. Di pagi hari pas buat lari pagi keliling alun-alun, ada juga yang bermain bola dan bermacam macam kegiatan lainnya.

Di dalam area Alkid terdapat kandang Kerbau Kerton solo yang mana merupakan kerbau Bule atau albino dari peranakan keturunan dari Kerbau Kiyayi Slamet yang dianggap sebagai Kerbau keramat di Keraton Kasunanan Surakarta. Kerbau-kerbau di sini bukan binatang ternak biasa sebagaimana kerbau-kerbau lain yang pada umumnya diambil dagingnya. Semua kerbau-kerbau anak turun Kerbau Kiyayai Slamet punya nama Kiyayi juga dan bila mati di kuburkan dan di urus layaknya menguburkan manusia.
Alun-alun Kidul Solo di Malam Hari
Alkid Alun-alun Kidul Solo Di malam hari

Menjelang petang hari Alun alun Kidul Semakin Ramai pengunjung. Beraneka sarana hiburan tersedia di sana dan cocok buat hiburan sekeluarga. Tersedia Becak, bendi, andong, gerobag atau semacamnya yang dihias dengan hiasan lampu led beraneka warna. Ada becak modifikasi dengan empat roda yang bisa muat satu keluarga yang bisa di sewa Rp10.000,- untuk satu kali putaran. Masih banyak lagi sarana permainan yang tersedia dis ana diantaranya cukup dengan Rp 5.000,- Anak-anak sudah bisa menikmati wahana Istana balon sepuasnya, sampai capek dah pokoknya, capek anak bermain atau mungkin capek orang tua menungguinya atau dua-duanya kali ya.
Becak Hias Dengan Lampu-lampu Led di Alkid Solo
Becak modifikasi berhiaskan lampu LED beraneka warna

Beragam jajanan dan aneka kuliner juga banyak dijajakan di Alun-alun Kidul, paling mudah ditemui penjaja Bakso bakar yang ber jajar di sepanjang jalan yang mengelilingi Alkid solo, dan masih banyak lagi kuliner yang lain ada di sana tak ketinggalan masakan khas Solo Nasi liwet Sego Gurih tentunya juga banyak mangkal dan di jajakan di Alun-alun kodul Solo.
Wahana Permainan Istana Balon Di Alkid Solo
Wahana Permainan Anak Istana Balon

Begitulah Alkid Alun-alun kidul yang dahulu dikenal dan identik dengan tempat jorok yang tak enak di dengar kini telah kembali sebagaimana fungsinya dan sangat pas untuk tempat hiburan keluarga dengan berbagai fasilitas yang ada di sana.

Sekiranya ada waktu baca juga:
Trimakasih telah bersedia mampir da membaca di post Alkid Alun-alun Kidul





Terimakasih Telah Membaca: "ALKID Alun-Alun Kidul" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 1:02 AM and have 29 komentar

29 komentar:

  1. teringat kalau mudik mas. pas weekend ramai sekali disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Fazri numpang disini dan salam kenal yah
      Tempat Alkid kayanya Pas buat Anak muda mudi
      Mejeng dan Camang di sana yah Mas Fazri

      Delete
    2. ya kang karrysta saya mewakili Mas Fazri ... salam kenal juga dari sayah... buat yang tuwa juga pas kayaknya kang

      Delete
    3. salam kita kenal sama sama. Cocok buat tua muda bak kelapa makin tuwa makin kental santannya. (kagak nyambung juga)

      Delete
  2. Selamat Pagi Mas Mus Djono ijin nyimak artikel Alkid aluun-alun kidul
    Yah Mas kalau gak salah tempatnya bagus dan bersih kelihatanya
    Saya belum tau tuh Mas Kapan saya bisa main ke situ yah.? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan bisa sekalian kenalan sama trah kiyayi slamet kebo albino

      Delete
  3. tak jauh berbeda dengan keadaan di alun-alun tempat sya, kalo ada acara pasti bakal banyak pedagang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp saya ndak ada alun2..adanya alon2 kalo mau nyabrang :)

      Delete
    2. Is: kebanyakan memang begitulah semua alun-alun kota ya mas.
      B.os: yah pas ramai lewat alun-alun kudu alon-alon waton kelakon

      Delete
    3. tosss lah kalo begitu ya mas in :)

      Delete
  4. saat alkid masih jadi tempat mangkal...kalau ngga salah ingat, saya juga pernah mangkal di Alkid....kalau ngga salah ingat sih...yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah inget mamang.. Dulu mamang kan mangkalnya di ngilingan bersama komonitas KW nya Mang Ubie..

      Delete
  5. Syukur ya mas..kalo sekarang udah kembali fungsinya kaya sebrlumnya :)

    ReplyDelete
  6. selamaaat.
    sangat bangga jika sebuah tempat menemukan kembali fungsi dan peruntukannya. saya jadi pengin ngajak isteri ke situ. buat pacaran. ehhh
    makan tengleng berdua lahh, asyiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mari kita nengkleng bersama Kang Zach yang ngetraktir pokoknya

      Delete
  7. selamat pagi mas mus, saya belum pernah main ke alkid mas, pengen rasanya nyobain permainan yang ada di alkid, tapi bukan permainan alkid pada era 90-an.... heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob.. Yang era purba udah lewat masanya

      Delete
  8. walah ternyata kalo malam hari di alun-alun ada gowes ya gan.. ane waktu itu ke jogja pas siang hari, jadi lagi panas2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ni Alkid Solo Sob.. Alkid jogja belum pernah kesana saya, katanya sih ada yang begituan juga

      Delete
  9. Saya juga mulai seneng mengunjungi alun2 di daerah saya, mas. Anak2 seneng'e... Cuma skg libur soalnya lagi musim hujan, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dang dulu di taman pancasila kini pindah di alun alun kota ya Pak Pri.

      Delete
    2. soalnya anak saya termasuk anak aktif, suka lari2 jd perlu area yg luas, h-hiii...

      Delete
  10. mgkn bs jg sebagai tempat main bola..., tp sayang lg musim hujan.., *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. main bola di hujan-hujanan lebih asik kali ya?

      Delete
  11. kreatif ya mas...yg ngias becaknya di kasih lampu warna warni gitu :)

    ReplyDelete
  12. kirain alkid itu merek susu....jebulnya alun2 kidul toh
    inyong mampir tok iki mas

    ReplyDelete