KICAU BURUNG KEPODANG

KICAU BURUNG KEPODANG

Burung Kepodang liar Kini semakin jarang terdengar kicaunya. Dahulu Sitiap Hari Kicauannya mewarnai kemerihaan suara kicau burung yang bersautan di pohon-pohon besar yang ada di makam di pinggiran desa tempatKu berada dengan suara khas merdu dan lantang. Kini sudah sangat jarang terdengar kicau burung kepodang karna memang pohon pohon besar yang berada di makam di pinggir desa tempat tingalKu berada telah habis ditebang diambil kayunya

Burung Kepodang atau Sering juga di sebut Kepodang emas yang jadi maskot Jawa Tengah ini di kenal sebagai burung pesoolek dengan dengan keindahan dan kecantikan warna bulu yang menawan.

Keindahan bulu dan kemerduan kicauan Burung kepodang ini membutnya banyak di buru untuk di jadikan binatang piaraan, sehingga kini keberadaanya sangat jarang. Ditambah punahnya pohon pohon besar di pinggir desa TempatKu berada yang menjadi tempat persembunyian burung ini yang telah habis di tebang menjadikannya jarang di temui. Kecuali di desa-desa pingiran hutan gunung lawu sana sesekali masih sering terdengar kicau merdu nan lantang si burung kepodang ini.

Suara Kicau Kepodang lain orang lain bunyi didalam menirukannya. Ada yang bilang suara kepodang tutuliyu tutuliyu.ada juga yang bilang Pitu Wolu.. Pitu Wolu, sedang dalam istilah bahasa jawa dalam menirukan suara kicau Kepodang dengan bunyi ''PITU WOLU PITU WOLU'' yang bearti PITU sama dengan TUJUH dan WOLU sama dengan DELAPAN.

Dari kicau kepodang ini bisa artikan dan jadi peringatan untuk kita bahwa burung ini mengingatkan manusia akan tujuan pada kehidupan manusia. Dimana bunyi pitu wolu yang terdiri dari kata pitu yang berarti tujuh dan wolu yang berarti delapan yang berati kicau kepodang mengingatkan manusia akan 7 macam neraka yang harus di hindarinya sehingga berlomba lomba untuk mencapai 8 tingkatan surga yang telah Tuhan sediakan untuk manusia.

Itulah peringatan dan pelajaran untuk kita akan ayat atau bukti kekuasaan nya dan yang bermanfaat untuk manusia yang bisa mengambil pelajaran serta peringatan darinya sebagai contoh kicau kepodang yang berbunyi Pitu Wolu dimana kata itu dari bahasa jawa yang berarti Tujuh Delapan. Yang mana ada Tujuh macam Neraka Dan ada pula Delapan Syurga. Semoga sebagai manusia bisa mengambil manfat peringatan seta pelajaran darinya.







Terimakasih Telah Membaca: "KICAU BURUNG KEPODANG" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 3:14 AM and have 54 komentar

54 komentar:

  1. burung ini emang suara bagus ya gan???

    ReplyDelete
  2. saya sampai sekarang belum pernah lihat langsung burung kepodang, cuman baru denger dari lagunya saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah sangat jarang ini burung kepodang. Kecuali dalam kandang atau di hutan gitu

      Delete
    2. Saya pernah lihat Burung kepudang aslinya namun
      Sayang gak di alam lepas, tapi di kandang orang2
      Gedongan jadi gak Indah melihatnya melainkan
      keserakahan, Mas. Nice artikelnya Mas Musjiono

      Delete
  3. Burungnya sebelah endi mas.. ? Tak cari2 di gambar kok ga ada ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya suara saja yang terdengar pas ambil gambarnya hahaha...

      Delete
  4. burungnya yang mana ya h mas... kok ndak ada burungnya, saya lihat cuma pohonnya doang, apa burungnya sudah terbang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau dah terbang atau sembunyi kali ya..

      Delete
    2. padahal sayah penasaran tuh pengen lihat burung kepodangnya...

      Delete
  5. sayah ikutin blognya ya mas... biar nanti kalau ada burung kepodangnya sayah bisa tau... sekalian klik iklannya deh 2 klik hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. suati saat juga menclok di dahan yang itu kali yah..

      Delete
  6. saya manggut-manggut. tentang falsafah pitu wolu yang luar biasa mengingatkan ini.
    makasih mas, makin menyejukkan hati saya

    ReplyDelete
  7. sungguh parah nasib kakek saya, punya burung beo yang sudah lepas
    wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh nakal kali burung kakekna..

      Delete
    2. Emang dasar, burung beo yang tidak tau diri
      hehe...

      Delete
  8. Replies
    1. hahaii sayah hanya denger kicaunya ga leliatan burungnya

      Delete
  9. makna filsafatnya ternyata dalem banget kicauan burung kepodang teh ya...baru tau banget saya dari sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah yang saya dengar tentang kicau kepodang 7 8

      Delete
  10. Dari kicauan burung..kita bisa byk belajar ya kang :)

    ReplyDelete
  11. nama burungx sy baru dengar, jd pengen tau kayak apa sh penampakanx..? *smile

    salam kenal pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinginya nampak samping apa nampak depan ini si kepodang Pitu Wolu.

      Delete
  12. kangennya ane denger kicauan burung,,, sekarang daerah ane udh kgak ada lagi sawah.. udh pnuh ama rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal download saja suara burungnya kalau cuma kangen suara hahahaia

      Delete
  13. Replies
    1. kepunyaan yang menciptakannya pastinya Mas Rahmat

      Delete
  14. Kicau burung membuat hati nyaman :)
    Blog sukses saya follow!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman sekali saat tenang di fikiran dan tentram hati di tambah mendengar kicau burung ini

      Delete
  15. mas ngak ada gambar-nya y
    penasaran mas gmna bentuk burung tersebut
    siapa tau di daerah saya ada mas
    cuma beda nama-nya z mas

    ReplyDelete
  16. wah saya denger nama nya aja baru ini mas , , ,

    ReplyDelete
  17. Salam kenal Mas Musjiono, ijin simak artikel tentang burung
    Menarik Mas, saya Rindu dengan kicau burung yang sekarang
    Sudah hilang dimakan kecanggihan zaman,
    ijin follow blog nya Mas, demi menjalin tali silaturahmi
    Antar blogging, Motivasi dan pendapat dari Mas saya tunggu
    Terima kasih. salam sukses

    ReplyDelete
  18. Artikel nya Bagus2 Mas, blog nya keren adem dan sejuk
    Pasti Mas Adminya juga lebih keren dan pandai berbagi
    Salam hormat selalu salam sukses n sejahtera yah Mas?

    ReplyDelete
  19. Kalau burung berkicau nya bagus, bisa dipastikan harga nya mahal mas. Tapi itu tadi untuk merawatnya yang susah hmmm :)

    ReplyDelete
  20. pasti harganya mahal ya klo udah berkicau

    ReplyDelete
  21. saya pernah punya manuk podang kang mus, eh ternyata bisa mengingatkan tentang 7 tingaktan neraka dan 8 tingaktan surga.
    subhanallah

    ReplyDelete
  22. met pagi sob, mampir lg mau dengerin kicauannya kepodang nih
    :) sambil berweekend ria

    ReplyDelete
  23. orang yang suka togel mendengar suara podang mungkin langsung pasang nomor 78 hehehe

    ReplyDelete
  24. Kalau brung kicaunya bagus getu pasti harga nya bisa mahal ya mas. Wah luar biasa ya kalau kita bisa punya burung kepodang :)

    ReplyDelete
  25. Sekedar saran mas, alangkah baiknya dilengkapi download suara burungnya jadi lebih mantap artikelnya. Iya kan?

    Ditunggu juga kedatangannya di blog.

    ReplyDelete
  26. kalau burung bisa kicau getu katanya harga nya mahal ya mas kalau dijual. Wah bisa buat ladang bisnis kayaknya ya memelihara burung kicau :)

    ReplyDelete
  27. manuk kepodang,,,,bulune kuning,,,,ehh malah nyanyi :-D

    ReplyDelete
  28. Di daerah saya sudah jarang ada burung kepodang.

    ReplyDelete
  29. kini aku bisa tau suaranya burung kepodang yang sesungguhnya gan makasih imfonya ya gan.

    ReplyDelete