HUJAN DI KAKI LAWU

HUJAN DI KAKI LAWU

Menanti Turunnya Hujan. Sudah Sekitar dua bulan langit di kaki Gunung Lawu mulai mendung terkadang sangat pekat seakan mau turun hujan namun beberapa saat kemudian langit cerah Panas menyengat lagi Hingga Suasana di kaki Gunung Lawu yang biasanya sejuk, bahkan cenderung dingin saat itu terasa gerah dan panas di siang hari. (walau bagi orang kota mungkin masih terasa dingin) namun bagi mayarakat setempat sudah terasa sumuk/gerah atawa panas


Banyak Orang bilang hujan belum akan turun dalam waktu dekat ini. Hal itu didasari bahwa saat itu belum tanda tanda terbakarnya hutan Gunung Lawu. Sebagian Orang di kaki gunung lawu beranggapan Puncak dari Musim kemarau adalah bila hutan di Gunung Lawu terbakar. Setelah ada kebakaran Hutan di Gunung Lawu baru hujan akan turun.

Walau angapan itu tidak selamanya benar, karena pernah juga terjadi dalam satu tahun tidak terjadi kemarau panjang hingga tidak terjadi kebakaran hutan di Gunung Lawu.

Tahun ini Kebakaran hutan terjadi di hutan gunung lawu di wilaya Kecamatan Jenawi, kabupaten Karanganyar. Kebakaran kali ini setahu saya hanya sekali di jenawi, api tidak beguti besar dan bisa dikendalikan dengan segera di padamkan.

Kira kira Dua Minggu setelah kejadian itu Hujan mulai turun membasahi Bumi Hingga kecil kemunkinan kebakaran Hutan gunung lawu terjadi lagi.

Tahun sebelumnya Kebakaran Hutan Gunung lawu terjadi berkali kali dan terjadi di berbagai tempat. Saat malam hari jelas kebakaran terjadi beberapa titik. Yang terbesar Tahun lalu Kebakaran Gunung Lawu terjadi di sisi timur utara di wilayah Kabupaten Ngawi. Kobaran api tidak terlihat dari desaKu namun dimalam hari terlihat dari desaku terlihat titik api di beberapa tempat dan langit di sisi utara bagian timur terlihat merah, sedang disiang hari terlihat asap mengbul di sisi utara bagian timur. Beberapa saat setelah kebakaran hebat itu baru hujan mulai turun.

Begitulah dari banyak kejadian turunnya Hujan di desaku Terjadi setelah terjadi Kebakaran di hutan gunung lawu hingga Banyak yang berangapan bahwa Hujan belum akan turun sebelum Terjadi Kebakaran di Hutan Gunung Lawu. Walaupun Angapan tu tidak sepenuhnya Benar.






Terimakasih Telah Membaca: "HUJAN DI KAKI LAWU" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 10:25 PM and have 20 komentar

20 komentar:

  1. semoga aja tidak terjadi kebakaran kang mus, kasihan asapnya kemana mana.kalau hujan abu belum pernah ya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah turun ujan ga bakal kebakar tuh lereng lawu.
      Lawu dah tidur lama kaga ada ujan abu lawu

      Delete
  2. kalo lawu, bagi saya agak mengerikan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah salah masuk pemukiman dunia lain ya mas..

      Delete
    2. Biar ngeri tetep berani datang lagi.
      Kangen sama pocong lawu kalie?

      Delete
  3. Entah juga ini hanya kebetulan atau ada kekuatan lain ya mas..herannya hal itu kerap terjadi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa kebakaran cuma fenomena panas dan keringnya hutan sajah.

      Delete
  4. kok bisa begitu ya sob, kenapa dikaitkan dgn kebakaran? aku gak ngerti

    ReplyDelete
  5. Kebakaran HUTAN merupakan isu yang santer di seluruh dunia. Di Kalimantan Barat sendiri isu kebakaan Hutan atau yang sengaja dibakar baik dengan cara dibakar (land clearing) atau karena perambah hutan dengan membakar Hutan untuk diambil kayunya. Penegakan hukum perlu lebih tegas lagi tanpa memandang bulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah semoga aturan di tegakan. Hinga tiadalagi kebakaran hutan karna kesengajaan

      Delete
  6. hampir mirip di kota saya Subang, sudah mendung ditambah petir yang saling sambar, anehnya hujan tak juga turun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu yah di sini dah hujan beberapa saat setelah lawu sekali kebalar dulu

      Delete
  7. Wah gunung Lawu, mengingatkan akan tokoh pendekar wanita bernama LASMINI. rumahnya lasmini di mana ya kang Mus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lastmini yang bersenjata angrek jingga ya? Rumahnya di lereng lawu tentunya, namun salah nama dia kayaknya. Setelahnya masih ada Mini mini Berikutnya

      Delete
  8. Bahaya kalau sampai kebakaran yang besar, mengingat hutan di pulau Jawa sudah habis. jangan sampai seperti di Gunung Wilis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah semoga ga kejadin seperti disana.

      Delete
  9. Foto sawah dan gunung nya bagus sekali... ngbayangin pasti sehari-harinya udara disana sejuk dan segar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah sebagaimana desa di pegunungan lainnya

      Delete