SUNNAH DI BULAN DZULHIJJAH

SUNNAH DI BULAN DZULHIJJAH

SUNNAH DI BULAN DZULHIJJAH . Bulan Dzulhijjah adalah Saat Bulan Dimana Terdapat Hari raya Idul adha, Hari raya Besar, Hari raya Kurban, Hari raya Haji atau nama lain dari hari raya 10 Dzulhijjah.
SUNNAH DI BULAN DZULHIJJAH

Banyak sekali Sunah Rasul Yang di contohkan Nabi Muhamad SAW. yang di amalkan pada bulan Dzulhijjah. Diantaranya:

Setiap masuk tanggal Satu bulan Hijriah membaca DO'A AWAL BULAN yang dilaksanakan atau dibaca setelah Shalat mahgrib.

Mandi Besar sebagai sunah untuk mengawali puasa bulan Dzulhijah. Madi besar dilaksanakan pada sore harinya atau paling tidak sebelum melaksanakan puasa sunah di bulan Dzulhijah.

Berpuasa Sembilan Hari Di Awal Bulan Dzulhijjah mulai Tanggal satu sampai tanggal sembilan.

Di malam tanggal sepuluh atau malam Hari raya Idul Adha Riadhloh dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan bertakbir di masjid-masjid atau kalau tidak memungkinkan di rumah dengan suara datar dan tiada berlebih-lebihan.

Pada Pertengahan malam melaksanakan Sholat Sunat hajat dan berdoa Memohon Kepada Allah pada Malam Barokah, Malam ijabah, Malam Hari raya Idul Adha.

Hingga fajar menjelang Sholat Sunah Fajar Dua rekaad yang mana Sholat fajar dua rekaad nilainya lebih utama dibandingkan dunia dan se-isinya.

Hingga Datang waktu sholat Subuh selesai dan mempersiapkan sunah Sunah Pada Hari raya Idul Adha.

Disunahkan mandi besar sebelum Sholat sunah Hari raya, memakai pakaian terbaik dan memakai wangi wangian. 
Hingga datang waktu sholat Sunat Hariraya Idul Adha di sunah kan bertakbir. Sholat Hari raya Dilaksanakan Dua rekaat waktunya setelah terbit matahari. Sholat Sunah Idul adha dilaksanakan Berjamaah dan Bila tidak memungkinkan bisa dilaksanakan Sendiri. Sholat Dua rekaad Hari raya Disunahkan baik untuk mereka yang dalam keadaan bepergian/musyafir maupun mereka yang bermukim.

Sebelum Sholat Hriraya Idul Adha Disunahlan Tidak makan dan Minum Kecuali Hari Masih Petang, makan dan minum dilaksanakan setelah Sholat Sunah Hariraya Idul Adha.

Setelah Shalat Hari raya Waktunya Berkurban Dengan binatang Qurban Bagi Mereka Yang Mampu. Penyembelihan dan pembagian daging hewan Qurban kepada yang berhak dilaksanakan Setelah Sholat idul Adha Hingga tiga hari setelah hari raya Yaitu Pada Tangal 10, 11, 12,13 Dzulhijjah. Tiga hari setelah Hari raya idul Adha Dinamakan Hari Tasrik Dimana Dihamkam Pada Hari itu Untuk Melaksanakan Puasa.

Berkurban dengan kambing di tangguang seorang, sedang apabila berkurban dengan Sapi bisa di tanggung hingga tujuh orang.

Syarat Binatang yang diqurbankan adalah: Jantan, Gemuk, Sudah Powel/Cukup umur, Sehat. Dan tidak Cacat.

Itu sunah Di Bulan Dzulhijjah yang aku ketahui, bila mana menurut Shobat ada yang kurang atau ada yang salah silahlan di tambahkan dan sampaikan koreksi di kolom komentar. 
Termakasih. @musjono






Terimakasih Telah Membaca: "SUNNAH DI BULAN DZULHIJJAH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 04.06 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar