SUMBER MATA AIR SAPTA TIRTA

SUMBER MATA AIR SAPTA TIRTA

sumber air bleng
Sumber Air Bleng
SUMBER MATA AIR SAPTA TIRTA--- Sapta Tirta Salah satu tempat sumber air hangat di kabupaten Karanganyar di Kecamatan Matesih, di Desa Pablengan tepatnya. Sapta Tirta jika runtut dari namanya berasal dari kata Sapta dan Tirta, Sapta yang berarti Tujuh dan Tirta berarti Air Sapta Tirta sama dengan Tujuh Air. Di Sapta Tirta terdapat tujuh sumber mata air yang berbeda-beda jenis dan karakteristik Airnya.


Sapta Tirta yang merupakan salah satu Tempat Pemandian air hangat di seputaran Matesih. Sumber Air Sapta Tirta Saat ini di renovasi lagi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar, Pembangunan area wisata sumber mata air Sapta tirta Membuat tempat itu semakin Rapi Dan Indah Di Pandang Mata.

Sapta Tirta Berada Di Bawah Bukit Yang Bernama Argo Tiloso Yang berada DeSa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jateng. Nama desa Pablengan Tempat Sumber Air sapta Tirta ini sendiri di Ambil dari Salah satu Mata air dari Ketujuh Mata Air Sapta Tirta.

Tujuh Sumber Mata Air Itu Adalah:

sumber air hangat, sumber air kesaktian
Sumber Air Hangat dan Air Kesaktian
BANYU BLENG
Banyu Bleng atau Sumber mata air Bleng ada di Sapta Tirta Dan nama Desa Pablengan Berasal Dari adanya Sumber air Bleng ini, Pablengan dalam bahasa Jawa bearsal dari kata dasar Bleng Mendapat Awalan Pa dan
akhiran an yang Berarti Tempat Bleng berada.

Air Bleng dahulu banyak dimanfaatkan untuk perekat pembuatan Karak atau Kerupuk Nasi, Rambak dan jenis-jenis kerupuk lainnya, namun kini jarang orang yang masih memanfaatkan air bleng untuk pembuatan berbagai olahan kerupuk, karena kini telah banyak dijual Obat geendar/Bleng, Cetitet atau apalah itu namanya yang dengan mudah dibeli di warung-warung.

BANYU ANGET
Banyu Anget atau Sumber Air Hangat Ada di sapta tirta dan air hangat ini kini di kelola menjadi pemandian air hangat. Sumber air ini sebagaimana kebanyakan sumber-sumber air hangat lainnya, berasa asin dan berbau belerang. Konon katanya mandi dengan air hangat Pablengan dapat menghaluskan kulit dan menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya.

sumber airhidup, air mati, air soda
Sumber Ar Hidup, Mati, Soda
BANYU KASEKTEN
Sumber Air Kasekten di Sapta Tierta Yang berarti Air Kesaktian. Konon Banyak orang yang Mencari kesaktian dengan Ritual khusus, Bertapa di tempat ini dan memanfaatkan sumber air ini untuk mendapatkan kesaktian. Kalo istilah dalam bahasa jawa ''Ben Ratedas Tapak Paluning Pandhe Sisaneng Grendho''.

BANYU URIP
Banyu Urip atau Air Hidup Adalah sumber air yang selalu bergolak sebagaimana air mendidih. Air ini selalu bergerak setiap saat seperti air mendidih walau airnya dingin-dingin saja. Ada cerita bahwa air ini bisa membawa kehidupan konon ada ayam mati di mandikan di air ini bisa hidup kembali. (ah paling cuma dongeng kalie)

BANYU MATI
Banyu Mati atau Air Mati adalah salah satu sumber air yang airnya tenang berlawanan dengan sumber di sebelahnya yang airnya selalu bergolak. Mitosnya juga sumber air ini bisa membawa kematian. Katanya dahulu pernah ada yang mencoba dengan ayam hidup di masukan ke sumber ini ayam itu pun langsung mati namun setelah di masukan air hidup ayam itupun hidup kembali. Cerita ini dari mana tidak jelas sumbernya hanya katanya dan katanya orang-orang sekitarnya. Sumber selanjutnya adalah

Sumber Air Urus-urus
BANYU SODA
Banyu Soda atau Sumbe Air Soda salah satu  sumber lagi yang unik dari ketujuh sumber air di Sapta Tirta, Sumber air Yang berasa soda, Mau Bikin Soda gembira?, Tinggal bawa susu sama syirup dan air sodanya tingal ambil saja di Sapta tirta Gratis pula. Saya sendiri sudah sempat merasakan air ini, memang sih ada berasa air soda namun layak konsumsi atau tidak tak tau juga, karena walau memang benar air ini berasa air soda namun masih saja berasa lumpur dan aneh gimana gitu juga. Tapi tetap unik saja, sumber air alami berasa air soda.

BANYU URUS-URUS
Banyu Urus-Urus atau Air Urus-Urus yang sama efeknya dengan Garam Ingris Atau obat Cuci Perut. Dulu masarakat sekitar bila ingin ngosongin perut atau cuci perut cukup dengan meminum air dari salah satu sumber air Sapta Tirta yang bernama Air urus urus ini langsung deh Isi perut keluar terkuras abis.

Itu tadi Ketujuh sumber air yang menjadi nama Sapta Tirta, jika kebetulan lewat Matesih, Karanganyar, Solo tidak ada salahnya Mampir ketempat ini,







Terimakasih Telah Membaca: "SUMBER MATA AIR SAPTA TIRTA" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 12:03 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment