KALI SAMIN

KALI SAMIN



KALI SAMIN  Kali Samin Salah satu sungai yang alirannya melalui Matesih membelah wilayah Kecamata Matesih. Hulu dari Kali Samin ada di Tawangmangu. Grojogan Sewu Air terjun di Tawangmanggu yang sudah sangat terkenal ini adalah salah satu hulu dari Sungai Samin. Hampir semua Desa di Matesih wilayahnya dilalui Aliran Sungai yang membelah Di tengah-tengah  wilayah Kecamatan Matesih.


kali samin matesih
KALI SANIN
Beberapa Desa di Kecamatan Matesih wilayahnya terbelah oleh aliran Kali Samin dan ada juga desa yang hanya dilintasi Kali Samin yang menjadi batas wilayah Desa Satu dengan yang lainnya. Mulai dari yang paling hulu Desa paling timur di kecamatan Matesih di Desa Girilayu yang wilayahnya terbelah oleh Kalisamin lau Kali Samin melintas di pinggir wilayah Desa Koripan, Kali Samin sebagai batas Atnara desa girilayu dengan Desa Koripan, brlanjut kebaratnya lagi Aliran Kali Samin melintas membelah Desa Matesih dan Desa Plosorejo, kebarat lagi Aliran Sungai Kalisamin melalui wilayah tiga desa yang juga Kalisamin menjadi batas desa Gantiwarno dan Desa Ndawung dan juga menjadi batas Desa Gantiwarno dan Desa Ngadiluwih. Kehilir lagi aliran Kali Samin melintasi kecamatan Karanganyar terus melalui kabupaten Sukoharjo dan bermuara di Bengawan Solo bergabung dengan sungai-sungai lainnya.

Hampir semua Desa di Matesih dilalui aliran KaliSamin, hanya stu desa dikecamatan matesih yang wilayahnya sama sekali tidak tersentuh aliran Sungai ini, Satu desa yang tidak dilalui Kali Samin adalah Desa Pablengan. Namun Desa pablengan wilayahnya juga terbelah oleh aliran anakan Sungai Samin. Sungai yang bermuara di Kali Samin di Bendungan Kedungnunut Desa Plosorjo ini namanya Kali Lebet.

Kali Lebet alirnnya melalui Desa Plosorejo dan Desa Pablengan. Sumber dari Kali Lebet berawal dari parit-parit kecil di Desa Girilayu bersatu mengalir membelah Wilayah Desa Pablengan dan juga ada beberap sungai kecil di Desa Pablengan bersatu di Kali Lebet mengalir membelah wilayah Desa Plosorejo sampai bersatu Denagan Kali Samin di Pintu Air Bendungan Kedungnunut.

Kedua Sungai yang melintas di Kecamatan Matesih itu mempunyai karakter air yang sama sekali berbeda. Air yang mengalir di Kali samin masih begitu jernih bahkan Saat musim kemarau saat debid air mengecil jernihnya air menembus sampai dasar sungai yang ikan ikan kecil terlihat berenang-renang didalamnya. Sedangkan kali lebet Airnya keruh kecoklat coklatan. Penyebab perbedaan air dua sungai ini adalah karena perbedaan tanah di aliran kedua sungai itu. Tanah-tanah yang dilalui Kali Samin merupakan tanah hitam yang cenderung berpasir, sedangkan Tanah-tanah dialiran Kali Lebet merupakan Tanah merah yanag menyebabkan Air di Kali lebet Keruh kecoklat-coklatan.

Debit air Sungai di Matesih Saat musim Kemarau Dibagian Hilir sebenarnya masih sangat besar, namun setelah melewatu Desa Matesih kehilir lagi di Desa Plosorejo dan seterusnya debit air mulai habis untuk irigasi mengairi Sawah sawah yang di hulu. Saat Musim kemarau Sungai ini seakan kering alirannya, Namun saat musim penghujan aliran air Kali Samin sangat deras dan bahkan apabila di hulu terjadi hujan yang sangat deras pastilah terjadi banjir yang Deras sekali arus sungainya.

Bahayanya KaliSamin adalah saat di hilir tepatnya di Tawangmanggu  terjadi hujan deras sedang di bawah terang cuaca sungai yang semula aliran airnya normal untuk aktivitas orang-orng di sepanjang Kali Samin tiba-tiba banjir datang dengan arus sungai yang sangat deras, Orang-orang yang beraktivitas di sungi dibuat panik dan terbirit birit menyelamatkan diri dari derasnya arus banjir Kali Samin. Sudah beberapa kali Derasnya banjir Sungai yang datang secara tiba-tiba di Sungai ini menghnyutkan manusia dan memakan Korban jiwa. Seingatku baru sekali korban hanyut terseret derasnya sungai yang berhasil selamat. Itu merupa bahya Banjir Kali Samin yng bahkan pernah menghanyutkan Rumah pekarangan dan binatang ternaknya didalamnya.

Itu baya Kali Samin dismping manfaatnya yang sangat besar sangt fital di Matesih. Hamper semua persawhan di Matesih bergantung pada Sungai ini. Dengan memanfaatkan irigasi dari Sungi ini Sawah di matesih dapat diolah sepanjang tahun tanpa terhenti oleh datangnya musin kemarau dan membuat Pertanian menjadi salah satu pnopang utama Perekonomian Masyarakat Matesih.






Terimakasih Telah Membaca: "KALI SAMIN" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 6:40 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment