AWAL DINAMAKANNYA MATESIH

AWAL DINAMAKANNYA MATESIH



AWAL DINAMAKANNYA MATESIH-- Diposting sebelumnya telah saya tulis tentang serba-serbi Matesih kali ini akan Saya tulis cerita tentang asal mula nama Matesih.  Awal dinamakannya Matesih berawal dari kisah perjalan Ki Ageng Hayo Kusumo yang salah satu pusakanya tertinggal Nama lain dari Pusaka daloam bahasa setempat adalah Jimat.


Pada suatu hari dalam perjalanan Ki Ageng Haryo Kusumo sampailah di suatu tempat. Setelah seharian berjalan di suatu siang yang panas oleh teriknya cahya matahari Resi tadi sudah merasa letih dan beristirahatlah dia disuatu tempat dibawah phon yang rindang. DikeluarkanNya bekal makanan dan beberapa pusaka atau Jimat yang dibawa saat itu. Setelah selesei memakan bekal makanan, Karena letihnya sapai-sampai ketiduran dalam istirahatnya dalam perjalanan itu.

Setelah beberapa saat ketiduran, terbangun dari tidur dalam istirahat siang itu. Karena perjalanan masih jauh maka segera mengemas barang-barangNya dan bergegas melanjutkan perjalanan yang masih jauh tujuannya.

Sesampai di tempat tujuan baru sadar kalau ada satu pusaka yang  tidak terbawa dan kemungkinan tertinggal di tempat istirahat saat perjalanan siag tadi. Karena hari telah larut malam berniat akan kembali hari berikutnya ke tempat istirahat siang tadi, kalau-kalau pusaka/Jimat tadi tertingal dan masih ada disana.

Keesokan harinya  kembali ketempat istirahat kemarin. Setelah sampai ternyata memang benar Pusaka/Jimat tersebut memang tertingal disitu dan masih berada ditempatnya. Dengan mengambil pusaka/ jimat itu berkata dalam bahasa jawa:

Jebul kawisane jimat iki isih ketingalan neng papan kene kene. Yoh.. . kapan ono rejaning jaman, papan iki takjenengne MATESIH. Yang artinya:

Trnyata Pusaka ini tertingal disini. Kalau begitu kelak bila tempat ini telah menjadi Ramai Saya namai Tempat ini dengan MATESIH.

Jadi asal nama Matesih dari kata jiMAT atau Pusaka dan TESIH yang berarti Masih. Kata MATESIH bermakna pusaka/jimat yang tertinggal masih berada pada tempatnya.





Terimakasih Telah Membaca: "AWAL DINAMAKANNYA MATESIH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 21.57 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar