AWAL DINAMAKANNYA MATESIH

AWAL DINAMAKANNYA MATESIH



AWAL DINAMAKANNYA MATESIH-- Diposting sebelumnya telah saya tulis tentang serba-serbi Matesih kali ini akan Saya tulis cerita tentang asal mula nama Matesih. Halitu benar-benar cerita kisahn nyata atau hanya sekedar mitos karangan orang-orang tua belaka sepertinya tidak ada mengetauhuinya. Awal dinamakannya Matesih berawal dari kisah perjalanan seorang pengembara yang namanya saya lupa., yang pastinya dia seorang Resi yang lumayan sakti mandra guna dan mempunyai banyak pusaka. Nama lain dari Pusaka daloam bahasa setempat adalah Jimat.


Pada suatu hari dalam perjalanan pengembaraan Seorang Resi yang Sakti mandraguna sampailah di suatu tempat. Setelah seharian berjalan di suatu siang yang panas oleh teriknya cahya matahari Resi tadi sudah merasa letih dan beristirahatlah dia disuatu tempat dibawah phon yang rindang. DikeluarkanNya bekal makanan dan beberapa pusaka atau Jimat yang dibawa saat itu. Setelah selesei memakan bekal makanan, Karena letihnya sapai-sampai ketiduran dalam istirahatnya dalam perjalanan itu.

Setelah beberapa saat ketiduran Resi yang Sakti itu terbangun dari tidur dalam istirahat siang itu. Karena perjalanan masih jauh maka segera Resi itu mengemas barang-barangNya dan bergegas melanjutkan perjalanan yang masih jauh tujuannya.

Sesampai di tempat tujuan Resi Sakti baru sadar kalau ada satu pusaka yang  tidak terbawa dan kemungkinan tertinggal di tempat istirahat saat perjalanan siag tadi. Karena hari telah larut malam  Resi itu berniat akan kembali hari berikutnya ke tempat istirahat siang tadi, kalau-kalau pusaka/Jimat tadi tertingal dan masih ada disana.

Keesokan harinya Resi Sakti kembali ketempat istirahat kemarin. Setelah sampai ternyata memang benar Pusaka/Jimat tersebut memang tertingal disitu dan masih berada ditempatnya. Dengan mengambil pusaka/ jimat itu Resi Sakti berkata dalam bahasa jawa:

Jebul kawisane jimat iki tesih ketingalan neng papan kene kene. Yoh.. . kapan ono rejaning jaman, papan iki takjenengne MATESIH. Yang artinya:

Trnyata Pusaka ini tertingal disini. Kalau begitu kelak bila tempat ini telah menjadi Ramai Saya namai Tempat ini dengan MATESIH.

Jadi asal nama Matesih dari kata jiMAT atau Pusaka dan TESIH yang berarti Masih. Kata MATESIH bermakna pusaka/jimat yang tertinggal masih berada pada tempatnya.





Terimakasih Telah Membaca: "AWAL DINAMAKANNYA MATESIH" Jika Berkenan Silahkan Bagikan Pada Kawan-kawan Di:

Twitter Google+ Fb Share
Posted by Mus Jono, Published at 9:57 PM and have 8 komentar

8 komentar:

  1. Owhh gitu ya asal nama Matesih baru tahu aku

    ReplyDelete
  2. Sepertinya asyik juga kang kalau tahu cerita" jaman dulu. khususnya sejarah pemberian nama tempat entah itu sebuah desa ataupun kota, saya rasa hampir semua tempat (desa,kecamatan,kabupaten) didaerah" lain juga punya cerita tersendiri

    ReplyDelete
  3. begitulah Pak. tak ada salahnya juga. makasih apresiasinya

    ReplyDelete
  4. Fernando Fajhar GarciaAugust 27, 2014 at 7:15 PM

    resi nya namanya JOKO SONGO

    ReplyDelete
  5. Jeneng Matesih iku wis ana duk jaman Majapahit, Matesih wis dipanggoni dadi perdikan. Yen Jokosongo baru kemarin sore, jaman kamardikan. Eh, Matesih itu termasuk kabuyutan kuno, sejak Majapahit sudah dikenal keberadaannya. Sejarahnya tidak lepas dari akhir majapahit dan awal keislaman. Ada nama Jomboleko, Kudhopanolih, ada Nyai Gadhing putri bungsu Brawijaya terakhir.
    Banyak baca buku sejarah di perpustakaan Radyapustaka dan kraton Surakarta ya, ben pinter. Buyut Kuntjung Matesih.

    ReplyDelete
  6. karangan bebas hanya untuk menamakan daerah atau wilayah yg tidak terbukti kebenarannya dalam sejarah tanah jawa

    ReplyDelete